3 Langkah Awal Menerapkan Hidup Minimalis

Indonesia terkenal akan masyarakatnya yang konsumtif suka berbelanja dari hal menjadi kebutuhanya atau hanya sekedar suka dan ingin membeli saja. Sikap seperti itu dapat dikatakan menjadi mubazir ketika barang yang sudah dibeli ternyata tidak memiliki nilai atau manfaat untuk dirumah dan berakhir menjadi tumpukan barang yang tidak digunakan. Untuk itu anda harus tau mengenai hidup minimalis serta langkah pertama dalam menjalaninya.

Mengenal hidup minimalis

Masih ada beberapa orang yang belum mengerti tentang hidup minimalis. Kehidupan minimalis sudah lama diterapkan oleh orang di negeri sakura yaitu Jepang, mereka sangat tahu apa yang penting dan menjadi kebutuhanya serta mempertahankan hal tersebut. Minimalis merupakan sikap hidup dimana kita dapat mengkontrol diri terhadap kebutuhan atau keingin. Mengelola keuangan dengan baik serta hanya membeli kebutuhan penting dan sisanya ditabung menjadi investasi atau hal lainnya. 

Inspirasi hidup minimalis dari Jepang. Image source: pinterest

Manfaat yang didapatkan dari menerapkan hidup minimalis ialah kesetahan finansial maupun psikologi, tidak kesusahan saat mencari barang, dan dapat mempergunakan uang lebih baik untuk berbagi ataupun traveling. Bagi anda yang masih membeli barang tanpa tau untuk apa dan hanya nafsu, berikut adalah langkah mudah agar terbiasa menerapkan hidup minimalis. Dengan hal kecil yang akan membuat kehidupan menjadi lebih berarti.

Menyimpan

Hal yang pertama anda bisa lakukan adalah menyortir barang yang berada ditempat tinggal. Pisahkan berdasarkan kategori serta jenis agar anda dapat melihat mana barang benar benar dibutuhkan. Simpanlah barang yang dibutuhkan namun akan sangat jarang digunakan seperti halnya perkakas rumah atau mobil.

Image source: unsplash

Baca juga: Teknik Menata dan Mencari Baju dengan Mudah di Lemari

Membuang

Setelah menyimpang barang yang dibutuhkan, selanjutnya carilah barang yang memang dalam jangka waktu 3 bulan tidak akan anda gunakan. Pikirkan dengan baik apakah barang itu akan menjadi berguna dalam beberapa bulan kedepan atau tidak? Jika memang tidak maka lebih baik anda buang ketika barang tersebut sudah rusak atau jelek. Namun, kalau masih bagus anda dapat melakukan step selanjutnya.

Membuang barang yang sudah tidak terpakai dengan memberi ke yang membutuhkan

Memberi

Ketika sudah menyortir dari menyimpan, membuang, langkah terakhir adalah memberikan kepada orang lain. Jika barang yang anda punya dalam waktu 3 bulan tidak terpakai dan masih layak alangkah baiknya untuk memberikan kepada orang disekitar yang memang membutuhkan. Karena dengan kita memberi kepada lebih membutuhkan membuat orang tersebut bahagia yang secara otomatis akan membuat diri sendiri merasakan kebahagiaan yang sama. 

Hal sulit dalam menerapkan hidup minimalis adalah nafsu ketika melihat barang lucu atau sale pasti saat ingin membawa pulang dan ketika sampai rumah merasa tidak diperlukan. Untuk itu cobalah menahan nafsu serta menerapkan dalam pikiran bahwa lebih baik menggunakan uang dengan baik seperti traveling sebagai award diri. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat mencoba hidup minimalis!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊