4 Poin Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Bisnis Clothing Line

Konveksi Vido Garment – Sebagai pebisnis kita selalu mengharapkan agar bisnis kita semakin maju dan sukses. Untuk mencapai hal tersebut maka banyak cara untuk menghadapi segala rintangan dan cobaan. Terlebih, jika kamu berbisnis clothing line. Pasti kamu seringkali mendengar berbagai macam brand-brand baru yang bermunculan. Dengan kesadaran tersebut bisa kamu jadikan sebagai pemicu dalam mengalahkan pesaing dari bisnis kamu.

Lalu hal apa yang perlu kita perhatikan untuk meningkatkan kualitas bisnis Clothing Line ditengah banyaknya kompetitor yang bermunculan? Yuk simak 4 poin utama untuk meningkatkan kualitas bisnis clothing line!

1. Lakukan Riset dan Analisa Terhadap Kompetitor

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset dan analisa terhadap kompetitor sesama bisnis clothing. Penting melakukan riset untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari kompetitor lalu lakukan analisa dari hasil riset tersebut untuk diaplikasikan ke dalam perencanaan strategi bisnis kita. Dengan melakukan riset dan analisa kita bisa menyatukan semua kelebihan dari kompetitor untuk dijadikan taktik strategi bisnis dan menjadikan kekurangan sebagai evaluasi dan pembelajaran.

Riset dan analisa seperti apa yang bisa dilakukan?

  1. Buat list kompetitor yang sesuai dengan kategori bisnis kamu, buat minimal 5 nama kompetitor yang akan kamu jadikan acuan riset dan analisa.
  2. Tentukan target marketnya, apakah sama atau mereka mempunya target market sendiri.
  3. Perhatikan kategori produk dan jasa yang mereka tawarkan. Jika lebih mereka menawarkan lebih banyak produk dan jasa kamu bisa jadikan sebagai referensi untuk strategi bisnis kamu.
  4. Lihat juga skala harga yang mereka tawarkan. Ini bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan harga agar sesuai dengan target pasar kamu. 
  5. Tentukan USP (Unique Selling Point). Apa itu USP? USP bisa kita artikan sebagai sebuah faktor pembeda pada sebuah produk dari kompetitornya. 
  6. Last but not least, Identifikasikan strategi apa yang digunakan oleh kompetitor.

2. Buat Analisa SWOT

Eitss belum selesai! Setelah melakukan riset dan analisa mengenai karakteristik dari kompetitor kamu, tahap selanjutnya adalah membuat analisa SWOT yang merupakan kepanjangan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).


Harus ya analisa SWOT untuk bisnis Clothing Line??

Absolutely yes! SWOT bisa menjadi salah satu langkah dan strategi yang sangat berpengaruh untuk mempertahankan dan terus memajukan serta meningkatkan bisnis kaos kamu. Dengan melakukan analisa ini kita bisa mengetahui bagaimana kondisi bisnis dari faktor internal maupun eksternal. Analisa ini dapat membuat kita mengetahui seberapa besar potensi pasar, minat dan peluang pasar dan juga mengetahui seberapa besar tingkat persaingan pasar di bisnis clothing kamu.

Contoh Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  1. Apa keunggulan dari brand yang kamu punya?
  2. Apa USP yang kamu miliki dalam bisnis Clothing Line?
  3. Keunggulan apa yang membuat orang tertarik dan memilih brand kamu?

Weakness (Kelemahan)

  1. Kelemahan apa yang selama ini belum terselesaikan?
  2. Apa yang menghambat kecepatan berbisnis kamu?
  3. Faktor yang bisa menyebabkan kehilangan customer?

Opportunities (Peluang)

  1. Peluang apa yang bisa kamu manfaatkan saat ini?
  2. Apakah ada sebuah acara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan atau mempromosikan bisnis kamu?

Threats (Ancaman)

  1. Apa kesulitan yang kamu hadapi?
  2. Apa USP yang kompetitor punya sedangkan kamu tidak?
  3. Apa situasi yang membuat bisnis kamu jadi terancam?

Dalam membuat analisa SWOT memang memakan waktu yang cukup lama. Namun, jika kita fokus dan menekuni secara terus menerus hasil dari analisa ini akan menjadikan kunci dari suksesnya bisnis anda. Karena dari hasil analisa SWOT ini kita dapat meningkatkan kualitas dan menjadikan kelemahan sebagai fokus utama dalam perbaikan dan peningkatan kualitas.

3. Buat Rencana yang SMART

Setelah melakukan riset dan berbagai macam analisa, tahap berikutnya adalah membuat perencanaan. Kamu bisa membuatnya dari bantuan hasil riset dan analisa yang sudah kamu lakukan. Agar rencana kamu berjalan efektif gunakan konsep SMART.

Specific: Spesifik, artinya rencana strategi yang kita buat harus spesifik. Mulai dari rencana jangka pendek hingga jangka panjang.

Measurable: Terukur, Rencana yang sudah kamu buat harus terukur keefektifannya. 

Achievable: Rencana yang kamu buat harus bisa dicapai, sehingga kamu bisa maksimal dan bersungguh-sungguh untuk menjalaninya. 

Realistic: Rencana yang masuk akal dapat mempercepat jalan kamu dalam mencapai tujuan kamu. Jangan sampai kamu membuat rencana yang tidak sesuai dengan keinginan dan tujuan kamu.

Timeable: Hal paling terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah kapan tujuan kamu tercapai. Dengan menentukan waktu yang jelas, kamu akan maksimal dalam mengeksekusi strategi bisnis kamu. Karena tanpa adanya batasan waktu hanya akan membuat kamu banyak menunda.

4. Menciptakan Engagement dengan Customer

Salah satu keberhasilan dari bisnis adalah dengan meningkatkan engagement dengan customer, karena customer adalah kunci kesuksesan dari bisnis kita. Lakukan improvement dalam pelayanan, memberikan produk dengan kualitas terbaik, dan memberikan apa yang dibutuhkan customer kita. Sehingga tercipta loyalitas dari customer dan berujung menjadi kepercayaan mereka.

4 poin diatas tidak hanya diterapkan untuk bisnis clothing line, tapi juga bisa diterapkan untuk berbagai macam kategori bisnis. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas bisnis kamu. Manfaatkan juga sosial media sebagai salah satu media marketing yang efektif untuk mempromosikan produk dari bisnis yang kamu miliki. 

Ingin mencoba berbisnis clothing line? Kamu bisa menjadi mitra Vido Garment! Untuk informasi lengkapnya bisa hubungi kami disini.

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS kita siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Tanyakan sesuatu!