5 Strategi Jitu yang Perlu Diterapkan dalam Pengembangan Bisnis

Konveksi Surabaya – Dalam mengembangkan bisnis harus banyak strategi yang perlu kamu siapkan, mulai dari ide atau inovasi produk, membuat produk yang dapat menjadi jawaban dari kebutuhan customer, meningkatkan promosi dan pelayanan dan sebagainya.

Mengembangkan dan mempertahankan suatu bisnis memang tidak mudah tapi dengan niat dan persiapan serta perencanaan strategi yang matang perlahan pasti bisa. Lalu bagaimana sih strategi bisnis yang efektif untuk mengembangkan bisnis?

1. Kenali Kompetitor

Dalam berbisnis, pasti kita memiliki kompetitor yang setiap hari pasti akan terus bermunculan. Untuk itu, penting mengetahui siapa saja kompetitor kita, karena kita bisa mengambil banyak pelajaran dan poin-poin lainnya yang bisa kita tiru, ingat! ATM (Amati – Tiru – Modifikasi). 

Setelah mengetahui siapa saja kompetitor bisnis kamu, ada baiknya kamu melakukan riset dan analisa seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Jangan Lupa Baca Juga 4 Poin Efektif Meningkatkan Kualitas Bisnis Clothing Line 

2. Tingkatkan Promosi

Setelah mengetahui siapa saja kompetitor dan mengambil beberapa poin plus yang dapat ditiru, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah promosi. Bisnis tanpa promosi sama saja tidak akan bisa jalan. Karena dengan adanya promosi bisnis kamu akan dikenal dan tentunya untuk mendapatkan konsumen baru. 

Buatlah promosi yang menarik dan unik, karena dengan promosi yang menarik banyak konsumen yang tertarik dan akan mempengaruhi perkembangan dari bisnis kamu. Promosi yang paling efektif adalah menggunakan sosial media, selain tidak mengurangi banyak biaya, jangkauan yang diperoleh juga akan lebih luas. 

3. Utamakan Pelayanan Konsumen

Poin ketiga yang tidak kalah penting adalah, Pelayanan konsumen. Dengan pelayanan yang baik akan menciptakan satisfaction atau kepuasan konsumen dan juga menciptakan kesan yang baik sehingga konsumen akan tetap bertahan dengan produk dari bisnis kamu.

Kamu bisa menerapkan poin ini pada sosial media. Dengan menggunakan sosial media kamu akan lebih mudah menjalinkan engagement dengan para customer. 

4. Lakukan Inovasi Produk

Bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu melakukan improvement untuk faktor internal maupun eksternal bisnis. Melakukan improvement terhadap produk sama dengan menciptakan inovasi terbaru. Bagaimana menciptakan inovasi yang menarik pasar? Buatlah inovasi produk yang sesuai dengan perubahan trend. Apa yang saat ini jadi booming bisa kamu jadikan sebagai ide untuk inovasi baru produk kamu. Contoh jika kamu memiliki bisnis clothing, kamu bisa membuat inovasi baru seperti membuat masker kain dengan tema motif tentang covid-19 atau motif trend lainnya seperti tie dye.

Baca Juga Masker Kain Sebagai Potensi Bisnis yang Menjanjikan? Simak Hal-Hal Berikut!

5. Manage Keuangan dengan Baik

Mengatur keuangan dengan benar adalah hal paling penting ketika bisnis sudah berjalan. Hal ini dilakukan untuk mengatur jalannya pengeluaran dan pemasukan dari hasil usaha kamu agar berjalan dengan seimbang. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan dan kamu tidak segera memperbaikinya. Mengatur keuangan memang susah-susah gampang, maka disarankan untuk kamu mempelajari dasar-dasar dari pengelolaan uang atau kamu bisa mempekerjakan seorang akuntan agar bisa membantu kamu dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Ingin bekerjasama untuk paruh waktu hingga full time? Konveksi Surabaya Vido Garment membuka kesempatan untuk kamu para Sobat Vido.

Jadi tunggu apalagi? Yuk join program Partnership bersama Vido Garment! Untuk informasi selengkapnya klik disini. Semoga artikel diatas bermanfaat ya!

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?