7 Tips Ampuh Agar Baju Terawat dengan Sempurna!

Konveksi Surabaya – Memiliki baju yang rapih, keren, dan selalu terlihat baru setiap hari merupakan keinginan semua orang. Semua itu akan bisa terwujud jika kamu bisa merawat baju agar tetap bagus dilihat dan nyaman ketika di pakai. Tidak hanya fisik kita yang harus di rawat, tetapi sesuatu yang kita gunakan harus kita rawat juga.

Berikut 7 tips yang ampuh untuk membuat baju kamu terlihat seperti baru setiap hari:

1. Periksa Label Pakaian

Tips pertama untuk membuat pakaian lebih tahan lama adalah memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berbeda-beda memiliki kebutuhan masing-masing dalam perawatannya maka itu pastikanlah membaca terlebih dahulu label petunjuk perawatan yang umumnya ada di semua pakaian.

2. Pisahkan Pakaian Ketika Hendak Dicuci

Sebelum mencuci pakaian, ada baiknya kamu memisahkan yang akan dicuci berdasarkan warnanya, hal ini untuk mencegah terjadinya kelunturan warna baju. Selain memisahkan beradasarkan warna, kamu juga harus memisahkan berdasarkan bahan dari pakaian tersebut. Pakaian yang menggunakan bahan dasar kain yang lembut lebih baik tidak dicuci menggunakan mesin cuci melainkan dengan tangan alias dikucek.

3. Hindari Terlalu Sering Dicuci

Terlalu sering mencuci pakaian dengan maksud menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Jika pakaian yang telah dikenakan belum terlalu kotor atau bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, terutama jeans atau pakaian berbahan tebal lainnya. Untuk membunuh kuman, jemurlah sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari.

4. Sebisa Mungkin Gunakan Pemutih Alami

Agar pakaian bisa bertahan lama, sebisa mungkin gunakan pemutih alami. Seperti menggunakan baking soda, jus lemon, sabu cuci piring, garam, dan juga air hangat. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kerusakan serat kain pada pakaian.

5. Mesin Cuci yang Penuh

Seringkali ketika kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu tetapi cucian mulai menumpuk, kita masukkan semua pakaian sampai mesin cuci penuh dengan tujuan agar efektif. Namun, cara tersebut sangatlah salah. Dengan keadaan mesin cuci yang penuh akan membuat kinerja mesin cuci menjadi tidak maksimal sehingga pakaian yang kita cuci pun tidak bersih secara sempurna.

6. Keringkan Baju Secara Alami

Mengeringkan pakaian dengan mesin pengering memang sangat memudahkan. Namun, panas dari mesin pengering tersebut ternyata dapat merusak pakaian yang masih basah. Utamakan mengeringkan pakaian secara alami di bawah sinar matahari.

7. Simpan Baju dengan Baik

Saat berganti musim dan ingin menyimpan pakaian lama kamu, gunakanlah kotak penyimpanan yang melindungi pakaian dari ngengat, debu, kotoran, dan hal lainnya yang dapat merusak pakaian kamu. Letakkan kotak penyimpanan di tempat yang sejuk untuk menghindari jamur dan perubahan warna. Kamu juga bisa menambahkan pengharum pakaian agar pakaian tetap wangi selama disimpan di dalam kotak.

1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?
Powered by
error: Content is protected !!