Cara Belajar Menjahit secara Otodidak di Rumah

Belajar menjahit bisa dilakukan oleh siapa saja. Kegiatan positif ini dahulu memang identik dengan pekerjaan wanita. Namun sekarang, menemukan penjahit atau tukang jahit pria sangat mudah. Mulai dari pinggiran jalan hingga di berbagai perusahaan konveksi. Hal ini membuktikan bahwa pria pun juga bisa menjahit, bahkan keahliannya tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Tentu saja menjahit tidak boleh sembarangan karena hasil jahitannya nanti juga buruk. Harus ada pengetahuan menjahit sebagai dasarnya terlebih dulu.

Anda sekalian yang ingin belajar menjahit sebenarnya bisa melakukannya secara otodidak atau sendiri. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dulu.

Mempersiapkan pembelajaran menjahit otodidak

Anda yang sudah memiliki mesin jahit manual, bersyukurlah karena sangat penting. Bagi Anda yang belum memilikinya, silakan membelinya. Tidak perlu membeli mesin jahit berukuran besar karena harganya pasti mahal. Sekarang, sudah ada mesin jahit portable berukuran kecil yang bisa dibawa ke mana saja. Sangat praktis dan mudah memfungsikannya. Anda yang belum memiliki mesin jahit, silakan untuk membelinya. Setelah mesin jahit dimiliki, Anda pun harus mempersiapkan bahan-bahan dan perlengkapan menjahit lainnya. Misalnya, benang katun, gunting, jarum jahit, dan yang lainnya. Semua itu Anda butuhkan saat mempelajari cara menjahit yang baik dan benar. Selanjutnya, carilah tutorial belajar menjahit dengan bantuan internet di dunia maya. Informasinya bisa berwujud artikel, gambar atau foto, dan video.

Praktikkan dulu menjahit dari yang mudah dan sederhana

Anda bisa memulainya yang sederhana dulu. Misalnya, menggabungkan dua kain dengan dijahit. Jangan lupa untuk finishing dari akhir benang jahitannya untuk dirapikan agar jahitan tidak mudah rusak. Dari cara yang sederhana itu, bisa dilanjutkan dengan menjahit beberapa kain dengan pola jahitan tertentu. Tentu saja Anda perlu membuat dan memiliki pola serta kainnya terlebih dulu. Sesuaikan ukuran kain dengan pola yang dibuat. Oleh karena itu, silakan untuk menggunting kain tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Cara belajar menjahit seperti yang diuraikan di atas bisa Anda mulai dari sekarang. Praktikkan secara rutin hingga Anda bisa menjahit kain untuk dijadikan jenis pakaian tertentu.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?