Cara Melihat Kualitas Kaos dari Bahan Kain

Setiap orang saat ini memang sering mencari kaos dengan berlabelkan kaos distro, karena mereka berpikir bahwa kaos distro memiliki banyak keunggulan. Mulai dari bahan, sablon hingga jahitan nya memang lebih bagus dan rapi. Pemakaian nya pun lebih terasa nyaman di badan. Ada beberapa acuan untuk melihat atau mengetahui kualitas kaos, terutama dari segi bahan nya dan berikut informasinya:

BAHAN KAOS

Bahan dasar pembuatan kaos biasanya menggunakan bahan dari cotton combed, cotton carded, CVC dan lain-lain. Namun bahan tersebut lebih banyak digunakan pada kaos oblong. Dan  untuk kaos berkerah lebih banyak menggunakan cotton pique dan lacoste. Jika anda mengutamakan kenyamanan, maka Anda lebih baik menggunakan kaos yang berbahan 100 % cotton, karena bahan jenis ini lebih enak dipakainya. Dan untuk kualitas dari produsen memang berbeda-beda, karena produsen pastinya menggunakan bahan baku kapas yang berbeda, hal itu juga dipengaruhi oleh proses produksi dan quality control. Sehingga Anda harus bisa membedakan bahan mana yang terbaik.

Bahan kaos 100 % cotton adalah bahan yang terbuat dari serat kapas alam dan memiliki karakteristik yang halus, dingin, menyerap keringat dan nyaman di pakai. Dan berikut bahan nya:

Cotton Combed

Serat benang dari bahan ini memang lebih haus dan rata, berdasarkan jenis benang, cotton combed ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. semakin besar angkanya maka semakin halus dan tipis bahan nya dan semakin mahal juga harganya. Sedangkan untuk kaos distro lebih banyak menggunakan jenis 20s dan 30s. dan untuk jenis lain nya lebih banyak digunakan untuk kaos dengan desain tertentu. Dan menyesuaikan dengan karakter bahan nya.

Cotton Carded

Cotton carded juga memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, dan lain-lain. Namun untuk cotton carded ini serat benangnya kurang halus. hasil penampilan dan rajutan juga kurang halus dan kurang rata, sehingga bahan ini biasanya digunakan untuk kaos dengan target pasar kelas menengah, karena memang harganya lebih murah dari cotton combed. Meski kaos dengan bahan ini kurang halus, namun tetap nyaman saat dipakai, karena terbuat dari 100 % serat kapas alam.

CVC (Cotton Viscose)

Jenis bahan ini terbuat dari campuran 55 % cotton combed dan 45 % viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage nya atau susut polanya lebih kecil dari cotton dan jenis ini juga menyerap keringat.

TC (Teteron Cotton)

Jenis bahan ini adalah campuran dari 35 % cotton dan 65 % polyester. Jika disbanding dengan cotton, bahan ini kurang bisa menyerap keringat dan agak panas saat dipakai. Namun kelebihan nya adalah meski sudah di cuci berkali-kali, bahan ini tidak susut atau melar. Dan harganya relative lebih murah.

Polyester

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau dari hasil minyak bumi kemudian di buat bahan kaos serupa fiber poly. Karena sifat bahan dasarnya, sehingga kaos berbahan polyester ini tidak bisa menyerap keringat dan panas ketika dipakai.

Hyget

Jenis bahan ini terbuat dari plastic, namun lebih tipis dan biasanya digunakan untuk membuat kaos partai, karena harganya sangat murah.

Demikian informasi tentang cara melihat kualitas kaos berdasarkan jenis bahan pembuatan nya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊