Hari Batik Nasional, Merawat Kaos Kemeja Jaket variasi Batik di Konveksi Surabaya

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.[1] Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN [2][3] hingga pelajar[4] disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

KONVEKSI BATIK SURABAYA
KONVEKSI BATIK SURABAYA

Jika cara mencucinya tidak tepat, baju batik bisa pudar warnanya, ukurannya menyusut, dan teksturnya menjadi tidak nyaman.

Untuk menghindarinya, sebaiknya ikuti tips mencuci baju batik agar tetap awet seperti berikut ini.

1. Cuci dengan tangan

Idealnya, setelah membeli baju batik untuk pertama kali perlu dicuci dengan tangan terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk mencucinya dengan air hangat-hangat kuku. Hal ini memastikan tidak ada sisa pewarna yang luntur.

2. Hindari bahan kimia

Jika terdapat noda pada baju batik, tidak disarankan memakai bahan kimia untuk membersihkannya. Tapi jangan juga menghilangkan noda dengan cara menggosok karena hal tersebut akan membuatnya lebih susah untuk dihilangkan. Kamu bisa mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk untuk menghilangkan noda.

3. Usahakan tidak menggunakan deterjen

Deterjen kerap menghasilkan busa yang berlebihan, membuatnya tidak bagus terhadap tekstur dan warna busana batik. Sebaiknya, gunakan sabun cuci khusus kain batik yang kini banyak tersedia di pasaran. Jika belum punya, sampo rambut dapat menjadi alternatif pengganti.

4. Tak perlu diperas saat menjemur

Cara menjemur baju batik pun perlu diperhatikan. Sebelum menjemur, tidak perlu memeras batik yang basah. Jangan pula mengeringkannya menggunakan mesin cuci karena dapat merusak bahan dan warna batik.

Selain itu, hindari juga kontak langsung dengan sinar matahari agar warnanya tidak pudar.


error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊