Macam-Macam Jenis Bahan Kaos

Mungkin banyak di antara kita yang belum mengetahui jenis kain atau jenis bahan kaos, walaupun setiap hari kita menggunakan bahan tersebut. Hal ini bukan menjadi hal yang aneh lagi. Bagi Anda yang sudah mengetahui macam-macam jenis bahan kaos biasanya tidak ragu-ragu membedakan antara bahan satu dengan bahan yang lainya.

Berdasarkan konveksi kaos di Surabaya bahan dasar pembuatannya, terdapat beberapa macam bahan jenis kaos yang di jual di pasaran. Paling umum digunakan misalnya Cotton, Combed, Cotton Carded, CVC, TC, PE, Hyget. Jenis bahan tersebut umumnya digunakan untuk bahan dasar kaos oblong.
Dalam pembuatan kaos berkerah atau kaos polo (polo shirt) menggunakan cotton pique atau locaste. Sedangkan berbeda lagi untuk jaket, jumper, atau hoodie, menggunakan bahan fleece atau terry. Berikut ini adalah macam-macam jenis bahan kaos:

1. Cotton combed

Serat ini memiliki ciri yaitu sarat benang yang lebih halus, sehingga hasil rajutan dan penampilan lebih terlihat rata. Berdasarkan jenis benang yang digunakan terdapat serat setting gramasi (gr/m2) pada mesin rajutan.
Bahan ini memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, 30s, 40s semakin besar angkanya maka akan semakin tipis dan semakin halus kainnya, harganya pun juga semakin mahal. Pada kaos distro Surabaya biasanya menggunakan 20s dan 30s, sedangkan pada jenis lain menggunakan desain tertentu menyesuaikan karakter.

2. CVC (Cotton Viscore)

Mengandung campuran 55% cotton combed dan 45% viscore yang memiliki kelebihan susut polanya lebih kecil dari bahan catton dan dapat menyerap keringat.

3. TC (Teteron Cotton)

Merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester (teteron). Jika dibandingkan dengan bahan katun, TC kurang busa untuk menyerap keringat dan lumayan panas di badan.
Namun di samping itu semua TC mempunyai kelebihan yang lebih tahan ‘shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun di cuci berkali-kali dan harganya juga relatif lebih murah.

4. Polyester atau PE

Terbuat dari serat sintetis atau buatan dari minyak bumi yang dibuat untuk bahan kaos adalah fiber poly. Namun bahan ini tidak dapat menyerap keringat dan panas jika digunakan.

5. Cotton carded

Hasil rajutan pada benang ini sedikit kurang rata dan halus. Benang ini memiliki beberapa jenis seperti halnya cotton combed yaitu 20s, 24s dll.

6. Hyget

Terbuat dari plastik yang lebih tipis, biasanya banyak digunakan untuk kampanye partai karena harganya yang cenderung lebih murah.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?