Mengenal Jenis-Jenis Kain pada Kaos

Pasti kalian sering menggunakan kaos kan? Apa kalian tahu jenis kaos yang kalian pakai? Pasti sebagian dari kalian dalam memilih kaos lebih melihat ke desain, model kaos, maupun kualitas kaos dengan memegang bahan kaos, apakah enak dan nyaman untuk digunakan. Tanpa mengetahui jenis kaos tersebut, kalian sudah bisa mengetahui bagaimana kualitas dari bahan kaos yang akan kalian beli hanya dengan memegang dan merasakan bahan kaos tersebut.

Berikut ini merupakan jenis-jenis kain yang umumnya dipakai dalam pembuatan kaos:

1. Katun Combed (Cotton Combed)

Jenis bahan kain yang satu ini merupakan bahan yang didapatkan dari 100% serat kapas, serat tersebut pun memiliki karakteristik benang yang lebih halus dibandingkan bahan lainnya, tidak berbulu, lebih rata dan hasil rajutannya pun lebih bagus, dan juga menyerap keringat. Tentunya kaos katun kombed sangat cocok untuk digunakan di iklim tropis seperti di Negara Indonesia.

Katun combed sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu 20s, 24s, 30s, 40s. Apa sih yang membedakan? Yang membedakan adalah masalah ketebalannya. Semakin angkanya besar maka semakin tipis bahannya dan harganya pun mahal.

Kebanyakan Konveksi lebih suka menggunakan katun combed 20s dan 30s. Selain cocok untuk dijadikan bahan kaos harganya pun terjangkau.

Ciri-ciri katun combed yang membedakan dengan jenis kaos yang lain adalah,

  • Serat benang halus
  • Tekstur kain dan hasil rajutan cukup rata dan tidak berbulu
  • Nyaman untuk dipakai karena kainnya lembut dan halus
  • Terasa sejuk dan tidak panas karena mampu menyerap keringat
  • Sangat mudah untuk proses sablon

2. Katun Lokal

Bahan ini dibuat dari 100% benang katun. Merupakan produk lokal dari daerah yang memproduksinya. Bahannya dingin dan bisa menyerap keringat saat digunakan. Menjadi standar kain untuk kaos keperluan instansi atau kantor. Juga cocok untuk digunakan sebagai kaos olahraga maupun untuk panitia acara sekolah atau kampus. Bahan ini sangat nyaman digunakan dan harga yang relatif murah.

3. Polyster (PE)

Jenis kain yang satu ini memiliki bahan yang terbuat dari serat sintetis dari hasil minyak bumi yang dibuat bahan berupa serat fiber poly juga untuk produk plastik berupa biji plastik. Kaos berbahan PE sendiri tidak dapat menyerap keringat cukup baik dan akan panas bila dikenakan karena bahan dasarnya terbuat dari butiran plastik.

4. Semi Katun

Kain semi katun ini merupakan campuran dari benang polyster dan katun.

Membuat bahan ini bisa cukup menyerap keringat. Lebih dingin dari bahan TC dan hasil sablonnya lebih rapih dan permukaan dari sablonnya jadi rata.

5. Teteron Cotton (TC)

Bahan kain ini disebut TC atau Teteron Cotton. Teteron Cotton merupakan hasil gabungan antara 35% cotton combed dan 65% polyester. Sifat untuk jenis kain ini sendiri hampir sama dengan PE, dimana saat kita mengenakannya akan terasa cukup panas, terlebih lagi tidak terlalu bisa untuk menyerap keringat. Akan tetapi kain ini juga memiliki kelebihan, yaitu tidak mudah kusut dan tidak mudah melar walaupun sudah cukup lama anda gunakan. Biasanya kaos dengan bahan TC digunakan untuk promosi partai-partai politik maupun kegiatan promosi perusahaan.

1
Selamat Datang di Vido Garment,
Ada yang bisa dibantu ?
Powered by
error: Content is protected !!