Mengenal Kain Katun dari Kelebihan dan Kekurangannya

Hingga saat ini mungkin banyak pengguna pakaian yang terbuat dari bahan katun yang belum tahu tentang asal usul dari bahan katun itu sendiri, kain serat kapas juga disebut dengan serat katun yang dahulunya dikenal sekitar 5000 tahun SM. Dan menurut para ahli, Negara yang terakhir menggunakan kapas adalah Negara india.

Katun merupakan bahan kain yang tidak tetap sehingga sulit untuk menentukan sifat dari bahan katun itu sendiri. Kain katun merupakan kain yang memiliki harga yang paling murah jika di bandingkan dengan serat alami lain-nya. Pada dahulu bahkan ada pemikiran untuk mencampurkan bahan katun dengan polyester agar mendapatkan bahan kain yang mirip dengan katun namun memiliki perbaikan daya lenting nya. Dan karena memang ada kandungan sintetisnya, sehingga harus tahu cara memilih benang jahit, temperature setrika, pemeliharaan serta pencucian nya.

Sifat Menguntungkan Kain Katun:

  • Bahan ini ketika dalam keadaan basah tingkat penyerapan air nya menjadi lebih kuat hingga bertambah 25% dari sebelum nya, sangat cocok jika anda gunakan ketika musim hujan.
  • Tahan panas ketika disetrika dengan panas yang tinggi sekalipun, jadi kain katun memang benar-benar kuat dalam menahan panas.
  • Tahan dari obat-obatan untuk kain.
  • Kain sangat halus dan lembut sehingga jika digunakan tidak akan merasa panas.
  • Perawatan dari kain katun cukup mudah dan tidak ribet.

Dibalik dari beberapa kelebihan yang dimiliki kain katun, tentu terlihat pula kelemahannya. Seperti:

  • Katun tidak tahan terhadap asam mineral dan asam organic, meskipun sebenarnya kedua asam tersebut memang digunakan untuk memperindah suatu tenunan. Jadi katun tidak bisa diperindah dengan kedua asam tersebut, namun anda bisa menggunakan bahan lain nya.
  • Katun memiliki sifat yang kurang kenyal, sehingga akan mudah kusut dan mudah susut ketika dicuci. Dan jangan lupa untuk menyimpan katun dalam keadaan kering dan di tempat yang tidak lembab.

Jadi pada intinya kain katun memiliki sifat yang menguntung kan dan juga sifat yang tidak menguntungkan. Sehingga anda perlu melihat sifat-sifat tersebut dan untuk sifat yang tidak menguntungkan tersebut, selama anda menanganinya dengan baik, maka tidak akan terjadi apapun pada kain katun anda.

Demikian informasi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam menambah wawasan tentang Sifat-sifat yang dimiliki kain katun.

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊