Merawat Pakaian Batik dengan 9 Langkah Mudah dan Simple

Batik merupakan warisan seni turun temurun asli Indonesia. Proses pembuatan satu kain batik memiliki waktu yang tidak sebentar, memakan waktu berjam – jam hingga hari. Banyak pusat kerajinan batik di Indonesia terutama daerah Jawa. Untuk menjaga kelestarian warisan batik perlu untuk belajar membuat hingga merawatnya agar kain tetap indah.

Merawat Pakaian Batik

Dalam merawat pakaian batik adalah suatu hal yang gampang-gampang susah. Umumnya saat membeli batik sering kali menanyakan kepada pedagang batik mengenai jenisnya, cara merawat dan mencuci pakaian batik mengingat kain batik berbeda-beda jenisnya dengan kain pakaian biasa. Agar pakaian batik anda tetap awet dan indah berikut tipsnya` : 

Langkah 1

Untuk mencuci batik dapat menggunakan sabun khusus yaitu sabun lerak atau bisa juga memakai cara sederhana. Dengan ramuan garam yang sudah dilarutkan dengan air untuk merendam pakaian sebelum mencucinya dengan deterjen.

Ilustrasi sabun lerak. Sumber: Pinterest

Langkah 2

Memisahkan pakaian baru dengan yang lainnya hal ini dilakukan untuk menghindari kelunturan dari kain batik.

Langkah 3

Rendamlah pakaian batik anda kurang lebih 3-5 menit untuk menghilangkan bau dan kotorannya dan jangan merendam terlalu lama karena bisa merusak serat dari kain.

Jangan lupa baca 3 tips anti gagal dan ampuh untuk perawatan jaket parasut K

Langkah 4

Disarankan untuk tidak mencuci pakaian di mesin cuci. Karena dapat merusak kain batik dan umur batik anda tidak akan panjang.

Langkah 5

Kucek pada bagian-bagian batik yang ada nodanya saja. Caranya kucek kain secara perlahan lahan dan jangan menggunakan sikat untuk mencuci cukup hanya dengan tangan saja.

Image source: Pinterest

Langkah 6

Ketika membilas pakaian, remas secara perlahan agar serat kain tidak mudah rusak.

Langkah 7

Jemur pakaian batik dengan menggunakan hanger di tempat yang tidak secara langsung terkena matahari. Ini bertujuan untuk mencegah warna kain tidak cepat pudar dan cukup di angin-anginkan saja.

Image source: Pinterest

Langkah 8

Setrika pakaian menggunakan suhu panas yang normal jangan terlalu panas dan disarankan untuk memakai pelicin supaya pakaian bisa rapi saat di setrika.

Langkah 9

Terakhir simpanlah pakaian batik di lemari dan juga tambahkan bahan bahan alami seperti lada atau merica yang sudah dibungkus untuk menggantikan kapur barus sebagai bahan pewangi.

Demikian informasi mengenai 9 langkah mudah merawat pakaian batik. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊