Penjelasan dan Fakta Unik dari Kapas

Saat ini, dunia menggunakan lebih banyak kapas daripada serat lainnya. Kapas berasal dari tanaman budidaya dari genus Gossypium. Kapas telah dibudidayakan sejak zaman kuno untuk seratnya yang digunakan sebagai tekstil. Kapas adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari mulai dari saat kita mengeringkan wajah dengan handuk katun lembut di pagi hari hingga kita meluncur di antara seprai katun segar di malam hari. Ini memiliki ratusan kegunaan, dari jeans biru hingga tali sepatu. Pakaian dan barang-barang rumah tangga adalah penggunaan terbesar, tetapi produk industri menyumbang ribuan bal.

Namun banyak juga dari kita yang masih belum terlalu mengenal kapas, lalu apa sih kapas itu sebenarnya? Yuk simak informasi lengkapnya!

Sejarah Kapas?

Serat kapas dan potongan buah kapas tertua, berasal dari sekitar 5000 SM, ditemukan di Meksiko. Kapas telah dipakai di Mesir dan India selama lebih dari 5.000 tahun. Penduduk asli Amerika menanam kapas sejak tahun 1500. Pada akhir tahun 1700-an Samuel Slater, seorang Inggris, membangun pabrik kapas Amerika yang pertama. Pabrik-pabrik ini mengubah serat kapas menjadi benang dan kain. Pada tahun 1793, Eli Whitney mengembangkan pemintalan kapas, yang secara mekanis memisahkan benih dari serat serat. Whitney menamai mesinnya “gin”, singkatan dari kata “engine” yang dapat melakukan pekerjaan 10 kali lebih cepat daripada dengan tangan. Teknologi telah meningkat selama berabad-abad yang lalu membuat pertumbuhan dan produksi kapas jauh lebih efisien.

Apa itu Kapas?

Kapas adalah serat alami yang paling banyak diproduksi di planet ini. Serat lainnya termasuk sutra, yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Serat kapas sendiri berasal dari tanaman kapas. Sebelum dapat diubah menjadi lembaran atau lapisan, biji kapas harus terlebih dahulu dipisahkan dari tanaman.

Baca juga artikel lainnya Jaket Bahan Corduroy Tren Fashion yang Klasik

Apa Saja Kegunaan Kapas?

Seperti kayu, kapas memiliki banyak variasi dan kualitas, masing-masing cocok untuk tujuan yang berbeda. Serat serat panjang digunakan untuk banyak hal, kebanyakan dimulai dengan benang, benang atau kain katun. Pakaian dan perlengkapan tempat tidur adalah produk yang umum. Serat kapas yang lebih kecil, yang dikenal sebagai linter, dikeluarkan dari bijinya dan digunakan sebagai isian untuk furnitur dan komponen linoleum, plastik dan isolasi. Minyak biji kapas digunakan dalam makanan dan kosmetik. Kulit biji kapas dimakan oleh ternak.


source freepik.com

Jenis-Jenis Kapas

Kapas sendiri memiliki beberapa jenis yang masih dibudayakan secara komersial. Berikut jenis-jenisnya:

  • Kapas Sea Island

Kapas Sea Island yang otentik merupakan kapas kasmir. Kapas jenis ini juga termasuk kapas ELS (extra long staple) sehingga memiliki panjang staple sekitar lebih dari 1 3/8 inch. Kapas ini sering difavoritkan orang karena seratnya yang panjang dan halus sehingga dapat dijadikan benang yang berkualitas dapat ditenun menjadi kain lembut dan elegan yang cukup mahal harganya.

  • Kapas Mesir

Salah satu jenis kapas yang termasuk dalam kategori kapas ELS, kapas ini dikenal dengan seratnya yang lembut dan panjang, kualitasnya pun tidak kalah dengan kapas Mesir. Karena kelembutannya, kekuatan, daya tahan, dan daya serapnya, kapas ini menjadi salah satu yang terbaik dan terpopuler untuk dijadikan seprai, handuk dan pakaian.

  • Kapas Pima

Kapas Pima merupakan jenis kapas yang ditanam terutama di Australia, Peru dan Amerika Serikat bagian barat daya. Kapas Pima sedikit lebih pendek dari kapas Mesir tetapi keduanya dapat menghasilkan benang berkualitas yang dapat ditenun beberapa kali supaya menjadi kain yang lembut, padat dan elegan.

  • Kapas Asiatic Cotton

Tipe serat kapas ini mempunyai serat yang lebih keras dan kasar sehingga sering dipakai untuk membuat produk-produk seperti selimut, filter, bahan padding dan sejenisnya. India, Cina dan di Asia Timur adalah tempat dimana jenis kapas ini banyak dihasilkan.

Itulah beberapa penjelasan dan fakta unik dari kapas. Semoga bermanfaat ya!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊