Serba-serbi Bahan Polyester untuk Pakaian 

Banyak macam-macam bahan yang digunakan dalam pembuatan pakaian, namun kadang kita lupa dengan bahan apa yang digunakan untuk membuat pakaian yang sedang kita kenakan. Padahal bahan dari baju yang anda pakai akan mempengaruhi tingkat kenyamanan terhadap baju yang anda pakai. Pada umumnya jenis bahan baju di bagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah bahan yang terbuat dari serat alami, seperti baju katun. Sementara yang satu nya adalah bahan yang terbuat dari serat sintetis, salah satu contoh bahan nya adalah baju polyester.

Polyester sendiri bukan terbuat dari bahan alami, melainkan dari hasil tangan manusia. Berasal dari kata polymer yang berarti plastik dan ester yang berarti campuran antara asam karboksilat, alkohol, serta minyak bumi. Karena terbuat dari hasil tangan manusia, produksi dari kain ini pun sangatlah mudah, sehingga harga dari kain Polyester jauh lebih terjangkau.

Polyester sendiri memiliki berbagai macam tipe, seperti:

PET (Polyethylene Terephthalate)

Tipe bahan PET ini merupakan jenis yang paling sering digunakan. Tidak hanya digunakan untuk pembuatan pakaian, bahan PET ini biasanya digunakan untuk bahan dasar botol air mineral, minuman bersoda, dan botol minum plastik lainnya.

Bahan PET ini dapat didaur ulang. PET dihasilkan melalui pencampuran ethylene glycol dengan asam terephtalic atau methyl ester dan antimony catalyst. Antimony catalyst membantu terjadinya reaksi kimia yang menghasilkan bahan polyester. Untuk menjadi kain, bahan polyester harus divakum dengan suhu yang tinggi di dalam ruangan hampa.

PCDT

Tipe bahan polyester PCDT lebih elastis dibandingkan bahan polyester PET. Maka dari itu, PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar kain tekstil untuk tirai jendela dan penutup furnitur. PCDT dibuat dari campuran zat asam dengan zat kimia lainnya, termasuk poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene itu sendiri.

Benang Filamen

Benang ini melalui proses yang sedemikian rupa dan menghasilkan kain polyster. Nah, kain polyester tersebut mampu terlihat mirip dengan kain yang berasal dari bahan alami, akan tetapi, tetap saja kain polyester berasal dari bahan kimia.

Keunggulan Bahan Baju Polyester

  • Baju yang terbuat dari bahan polyester tidak mudah kusut.

Ketika memiliki mobilitas yang tinggi dapat membuat pakaian mudah kusut. Tentu hal ini sangat mengganggu penampilan kita. Tidak dengan polyester. Bahan ini tidak mudah kusut walaupun ditekuk dan lipat.

  • Mudah kering saat dijemur.

Baju polyester mudah kering saat dicuci, jadi tidak perlu menunggu lama untuk kering. Bahan ini memiliki kemampuan menyerap panas yang baik, sehingga digunakan untuk membuat beberapa peralatan outdoor seperti tenda kemah, paying, dan jaket parka.

  • Tahan terhadap berbagai bakteri.

Kelebihan unik lainnya adalah, bahan polyester tahan akan bakteri, kuman, dan bahan kimia lain sehingga bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan lama. Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Kelemahan Bahan Baju Polyester

  • Bahan Polyester akan panas ketika digunakan sehingga lebih baik jangan menggunakan nya untuk melakukan kegiatan di luar rumah yang bisa membuat anda gerah.
  • Tidak bisa menyerap keringat sehingga hanya cocok digunakan ketika dalam ruangan ber-AC dan akan sangat menyiksa jika anda menggunakan nya di cuaca yang panas.

Bahan polyester ini selain digunakan dalam pembuatan baju polyester, ia juga di gunakan untuk pembuatan seprai, tirai ordin, dan lain sebagainya. Dan untuk meminimalisir kelemahan yang dimiliki bahan polyester, maka bahan nya bisa dicampur dengan bahan serat alami yang nantinya akan menghasilkan suatu bahan kain yang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dari kedua nya.

Untuk bisa mengetahui apakah suatu bahan terbuat dari bahan polyester, lihatlah pada tag atau label pakaian. Jika tidak tertera label pakaian, maka Anda bisa menggunakan cara dengan membakar sedikit benang nya, dan jika bau nya seperti plastik, itu artinya bahan tersebut terbuat dari polyester. Dan jika berbau normal seperti bahan yang terbakar biasanya, maka kain tersebut terbuat dari serat alami.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan jenis bahan polyester yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam membedakan dan memilih bahan kain yang bagus untuk anda gunakan dalam sehari-hari.

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊