Tertarik Berbisnis Masker Kain? Simak Hal-Hal Berikut untuk Memulai!

Konveksi Surabaya – Masker menjadi barang yang sangat krusial di saat Pandemi covid-19. Walaupun tidak seefektif masker medis, masker kain dapat dijadikan alternatif pengganti masker medis yang harganya saat ini sangat mahal dan pembeliannya pun dibatasi. Masker medis juga lebih ditujukan untuk kebutuhan para tenaga kerja medis, sehingga masyarakat lebih disarankan untuk menggunakan masker kain.

Hal tersebut membuktikan bahwa permintaan akan masker kain menjadi meningkat. Sehingga terjadinya peluang potensi bisnis yang tinggi akan penjualan masker kain. Terlebih di keadaan situasi sekarang yang mengharuskan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker ketika berada di tempat umum. 

Tertarik untuk memulai bisnis masker kain? Sebelum mulai melangkah, Vido Garment akan kasih kamu hal-hal yang harus diketahui sebelum berbisnis masker kain. Simak yuk!

4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Bisnis Masker Kain

1. Seberapa Besar sih Peluang Bisnis Masker Kain?

Masker medis yang mayoritas berwarna hijau, masker N95, dan masker sejenisnya sudah mulai langka keberadaannya. Kalaupun ada, harganya pasti terbilang mahal dan lebih diprioritaskan untuk para tenaga medis.

Dengan adanya permasalahan tersebut, masker kain menjadi solusi alternatif sebagai pencegahan penularan Covid-19. Dan tentu saja, peluang bisnis masker kain semakin tinggi karena permintaan yang tinggi juga. Di beberapa sentra konveksi pun sudah banyak produsen beralih memproduksi masker kain karena permintaan yang cukup besar. Peluang ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pemilik produsen, tapi juga untuk supplier, pengecer hingga drop shipper.

2. Syarat Masker Kain yang Benar

Syarat masker kain yang benar sangat penting kamu ketahui sebelum memulai untuk berbisnis masker kain. Tujuannya agar kamu bisa memasarkan produk yang tepat untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Berikut syarat masker kain yang disarankan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) badan kesehatan masyarakat Amerika Serikat:

  • Menutup bagian tepi wajah dengan sempurna

Pastikan masker kain yang kamu jual memiliki pola yang sempurna untuk sebagai pelindung hidung dan mulut. Sebaiknya masker kain dibuat dengan cukup lebar hingga mampu menutupi pangkal hidung, sebagain besar pipi, hingga ujung dagu. 

Untuk modelnya, kamu bisa memilih model yang sama seperti masker medis yang berbentuk kotak atau berbentuk setengah lingkaran seperti masker N95.

  •  Terdapat tali pengikat atau karet telinga

Pastikan karet atau tali tidak terlalu longgar sehingga pemakai nyaman saat menggunakan masker produksi kamu.

  • Jika dicuci tidak mengubah bentuk

Gunakan bahan yang kokoh seperti kain oxford atau katun minyak dan lainnya. Sehingga saat dicuci tidak akan berubah bentuk.

Pastikan bahan tersebut tetap sempurna, tidak longgar, atau menciut ketika terkena mesin cuci maupun setelah disetrika

Jangan Lupa Baca Juga Penting! Mencuci Masker Kain Ada Caranya lho!

  • Lakukan Quality Control

Pastikan selalu melakukan “Quality Control” saat masker kamu sudah jadi. Hal ini berguna untuk mengecek hasil masker agar menghindari dari cacat produksi sebelum sampai ke tangan konsumen. Dan sebelum melakukan penjualan pastikan masker kain kamu sangat nyaman saat digunakan.

Masker kain yang baik, akan tetap sempurna menutupi bagian mulut dan hidung, sekaligus memberikan kamu ruang untuk bisa bernapas. 

3. Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Masker Kain

Setelah mengetahui apa saja syarat masker yang benar, kamu juga harus memastikan untuk menghindari kesalahan dalam membuat masker kain. Apa saja?

  • Salah memilih bahan kain

Bahan kain adalah hal yang sangat krusial dalam pembuatan masker, karena kain merupakan bahan utama. Pilihlah kain yang cocok untuk dijadikan masker. Bahan kain yang disarankan adalah kain Oxford, Cotton Combed, Cotton Carded. Untuk bahan kain Vido garment menyediakan berbagai macam kain, cek harganya disini.

  • Kesamaan warna pada sisi luar dan dalam masker

Hal ini sangat tidak dianjurkan karena pengguna akan salah menggunakan sisi luar untuk bagian dalam yang tentunya akan membuat virus berpindah ke wajah, jika masker dilepas lalu dikenakan kembali.

Buatlah masker kain dengan warna atau motif berbeda disisi dalam dan luar. Sebagai ide, buatlah masker dengan motif tie dye, karena motif masker tersebut masih jarang dipasaran. Selain itu, motif tie dye juga menarik dan hype dikalangan anak muda.

Contoh Masker Tie Dye sebagai ide bisnis masker kain
  • Kain terlalu tipis dan ukuran terlalu kecil

Hindari menggunakan kain dengan 1 lapis, karena akan membuat fungsi perlindungannya berkurang. Dan buat masker dengan berbagai macam ukuran. 


Sebagai patokan, ukuran masker beda kurang lebih 17,5 x 9,5 cm dengan lipatan, agar dapat ditarik menjangkau dagu.

4. Cara Efektif Promosikan Masker Kain

Selanjutnya, jika produk sudah siap bagaimana cara memasarkannya?

Online adalah cara paling jitu! Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam sosial media, menaruh di marketplace, atau dengan cara share/broadcast kepada teman-teman.

Selain itu kamu juga harus memiliki packaging atau bungkus produk yang menarik, serta kan juga informasi-informasi seputar Covid-19 sebagai edukasi calon pembeli. Seperti cara merawat masker kain, dan lainnya.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk memulai berbisnis masker kain. Bisnis masker kain cenderung tidak memerlukan modal besar untuk memulainya.

Jika kamu tertarik untuk memulai berbisnis masker kain, Vido Garment solusinya! Kami menyediakan banyak jenis bahan kain dengan harga yang terjangkau dan juga kualitas terbaik. Tertarik? Untuk informasi lebih detail atau konsultasi, hubungi kami disini.

Selamat mencoba dan semoga sukses, Sobat Vido!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS kita siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. 😊