Trend Celana Cargo, Ketahui Sejarah dan Bahannya Yuk!

Apakah Anda sudah mengenal celana kargo? Jika belum, tidak ada salahnya Anda mengetahui seluk beluknya. Mungkin juga Anda sudah memilikinya di rumah, tetapi belum mengetahui namanya. Sebagian orang menyebutnya celana lapangan karena identik dikenakan saat bekerja atau beraktivitas di luar ruangan. Jenis celana yang satu ini juga populer di kalangan kalangan pecinta alam. Mereka adalah orang-orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, yang berkaitan dengan alam dan lingkungan hidup. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan, yaitu naik gunung, hicking, penjelajahan alam, observasi, dan lain sebagainya.

Menengok sejarah celana kargo

Image source: Pinterest

Anda sekalian bisa mengenal celana kargo dimulai dari permulaan penggunaannya. Dari catatan sejarah yang berhasil dibukukan, celana kargo dipakai pertama kali oleh tentara militer Inggris pada Perang Dunia II, tepatnya di sekitar tahun 1938. Para tentara saat itu memakai celana kargo karena cocok desainnya untuk membawa cadangan amunisi peluru, yaitu dimasukkan ke dalam dua kantong di bagian paha di celana. Selain itu, tentara lebih nyaman dan fleksibel dalam mobilitas atau pergerakan di lapangan.

Seiring perkembangan zaman, celana kargo mulai digunakan sebagai seragam untuk enginer, teknisi, dan mereka yang bekerja di lapangan mengandalkan keterampilan fisik. Selain itu, para traveler, penggiat lingkungan hidup, hingga para pelancong tidak mau ketinggalan untuk mengenakan celana ini. Anda pun mungkin masih bisa melihat para pekerja pabrik, montir, dan yang lainnya.

Bahan untuk celana kargo

Pada sekitar akhir tahun 1990-an, perkembangan celana kargo bisa dilihat kebangkitannya. Tercipta celana kargo yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bukan tentara, pekerja lapangan, atau traveler tetapi masih bisa dipakai untuk yang lainnya. Misalnya, bekerja di kantor, hangout atau berjalan-jalan dengan teman, liburan, atau sekedar bersantai di rumah. Dengan begitu, celana kargo semakin dikomersilkan di tengah masyarakat dengan tetap mempertahankan ciri khasnya.

Baca Artikel Mengenal Jaket Bomber Warisan Para Pilot Angkatan Udara

Namun demikian, bahan kain yang dipakai bukan lagi seperti celana kargo yang dipakai tentara, tetapi sudah diganti. Salah satu bahan yang dipilih, yaitu kain kanvas. Selain itu, tidak menutup kemungkinan memakai bahan cotton atau katun yang cukup halus dan mudah menyerap keringat. Sementara itu, dua kantong di bagian paha kanan kiri sudah seperti aksesoris, juga agar tidak menghilangkan identitas awalnya.

Image source: Unsplash

Bagaimana karakteristik dari celana kargo?

Beberapa karakteristik atau ciri dari celana kargo yang khas, antara lain memiliki banyak kantong. Ada sedikitnya enam kantong di sekeliling celana kargo. Dua kantong di panggul kanan dan kiri, dua kantong di bagian pantat, dan dua kantong lagi di pahan kanan kiri. Ciri khas lainnya, yaitu celana kargo terbuat dari bahan yang cukup tebal dan kuat. Dengan begitu memang sangat cocok dikenakan saat beraktivitas di luar ruangan (outdoor).


Itulah sedkit informasi permulaan agar Anda bisa mengenal celana kargo. Semoga bermanfaat ya, Sobat Vido!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊