Jenis-jenis jaket gunung yang wajib punya untuk pendaki gunung

Wajib Punya! 3 Jenis Jaket Gunung untuk Petualang

Banyak orang yang memiliki hobi yang bermacam-macam, salah satunya bisa jadi mendaki gunung. Hobi mendaki gunung memang butuh penyesuaian dan persiapan yang ekstra. Bagi kamu yang suka mendaki gunung tentu nya harus mampu menyesuaikan diri dengan cuaca, udara dan lain sebagainya. Salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat adalah jaket gunung karena memang semakin tinggi gunung yang di daki tentunya berbeda juga suhu di sekitar nya, jadi kamu harus bersiap-siap.

Jaket gunung merupakan jaket yang sering digunakan oleh pendaki gunung atau kegiatan yang berhubungan dengan alam lain nya. Jaket gunung bukan hanya untuk fashion saja, jaket tersebut bisa melindungi dari cuaca dingin yang tentunya sangat berbeda dengan cuaca atau suhu normal di tempat kamu hidup.

Baca Juga Praktis! 5 Bahan Pakaian Anti Kusut Tanpa Setrika

Jaket gunung tentunya sangat berbeda dengan jaket biasa nya karena memang jaket tersebut di desain khusus untuk petualangan yang banyak ditempuh para pendaki, fungsi dari jaket tersebut adalah untuk melindungi tubuh penggunanya dari cuaca yang ekstrim, medan yang ekstrim, dan lain sebagainya. Kamu akan mengalami kesulitan jika mendaki gunung hanya dengan menggunakan pakaian sehari-hari, kecuali jika memang cuaca saat itu sedang bagus atau memungkinkan untuk hanya memakai pakaian biasa.

Rekomendasi Jenis Jaket Gunung untuk Para Pendaki Gunung

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung dan membutuhkan jaket gunung untuk dipakai mendaki, sebaiknya kamu perlu mengetahui tentang jenis jaket gunung yang safety di bawah ini agar keselamatan kamu tetap terjaga:

Jaket Waterproof

jaket waterproof rekomendasi untuk mendaki gunung
Ilustrasi jaket waterproof
image pinterest.com

Saat mendaki, kita juga harus waspada dan selalu siap dengan apa yang terjadi. Salah satunya ketika hujan maupun badai yang datang saat pendakian. Dengan menggunakan jaket gunung yang waterproof, adanya hujan maupun badai tidak akan menjadi masalah besar.

Memilih jaket gunung dengan jenis waterproof akan lebih praktis dan mudah, sehingga kamu tidak perlu lagi membawa jas hujan ponco.

Jenis jaket ini memiliki sistem seem shield atau lapisan sebagai pelindung sisi jahitan agar tidak kemasukan air. Bahan yang digunakan biasanya adalah gore-tex. Jenis bahan ini memiliki 3 macam, gore-tex standar, aktif, dan pro. Untuk gore-tex standar bisa kamu gunakan sehari-hari ketika mengendarai motor. Sedangkan untuk gore-tex aktif dan pro lebih nyaman dan cocok digunakan ketika melakukan pendakian.

Cara Perawatan Jaket Waterproof

Perawatan jaket ini cukup simpel, tidak perlu dicuci menggunakan sabun cuci pakaian atau detergent. Cukup dibilas menggunakan air bersih dan shampoo. Jika sudah dibilas, keringkan jaket dengan menjemurnya ditempat yang teduh jangan dibawah matahari langsung ya! Ketika sudah kering, jaket bisa digantung dengan hanger dan tidak perlu dilipat.

Jaket Windproof

Ilustrasi jaket windproof untuk musim kemarau
image freepik.com

Jaket yang kedua ini hampir mirip spesifikasi bahannya dengan jaket waterproof. Ketika musim hujan, para pendaki menggunakan jaket waterproof, dan ketika musim kemarau pendaki menggunakan jaket windproof agar melindungi badan dari angina yang kencang.

Jaket windproof biasanya terdiri dari beberapa lapisan kain. Sehingga kelemahan dari jaket ini adalah panas ketika digunakan.

Jaket windproof juga sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti untuk olahraga lari, bersepeda, atau ketika touring menggunakan motor.

Perbedaan yang terlihat dari kedua jaket ini adalah lapisan seem shield yang hanya ada di waterproof, sedangkan windproof memiliki tepi jahitan resleting dan sambungan bahan sebagai ventilasi.

Jaket Polar atau Warmup


Ilustrasi jaket polar atau warmup
image freepik.com

Saat musim kemarau, angin yang berhembus di puncak gunung tentu akan terasa dingin yang ekstrem, sehingga para pendaki diharuskan menggunakan jaket yang cukup untuk menghangatkan tubuhnya. Jaket polar lah jawabannya.

Jaket polar atau warm up akan menjaga tubuh agar tetap panas. Jenis bahan yang digunakan juga berbeda, yaitu wool dan fleece. Namun, tidak banyak pendaki yang menggunakan jaket polar karena kelemahannya yaitu mudah basah jika terkena air.

Cara Perawatan Jaket Polar

Cara perawatannya pun cukup mudah, jaket ini bisa dicuci menggunakan deterjen dan juga pewangi pakaian. Dapat juga dijemur langsung dibawah matahari. Ketika sudah kering, polar dapat dilipat rapih di dalam lemari.

Demikian informasi tentang rekomendasi jenis jaket gunung yang safety, semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk memilih jenis jaket yang kamu butuhkan, entah untuk mendaki atau kegiatan traveling lain nya. Jangan lupa baca artikel Vido Garment lainnya!

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab segala pertanyaan Anda tentang Vido Garment.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊